Karena Doa Anak, Sebab Roh Orangtua Tenang di Alam Barzakh

 

Al-Kisah yang diceritakan Oleh seorang wali Allah tentang mimpinya yang berjumpa dengan Ahli-ahli kubur dalam mimpinya,,,,,Didalam mimpinya , Wali itu melihat Roh ahli-ahli kubur sedang mengais-ngais rumput seperti mencari sesuatu. Tetiba beliau melihat ada seseorang ahli kubur yang sudah tua duduk istirahat diatas kuburnya sendiri kemudian wali ini penasaran dengan roh orangtua tersebut, kenapa dia tidak ikut mengais-ngais rumput seperti roh yang lainnya. Kemudian beliau memutuskan untuk menanyakan roh orangtua tersebut.


Wali:Paman, kenapa paman sedang duduk istirahat dengan tenang, sedangkan ramai ahli kubur yang lain sedang menggais-gais rumput disitu?


Roh Orangtua:Jikalau kau mau tahu jawabannya, esok kau pergi ke pasar dan cari penjual daging yang masih muda disana. Penjual tersebut adalah anak saya Wali tersebut lalu beranjak dari situ dan terbangun dari mimpinya:Keesokan harinya , wali itu mencari penjual daging yang masih muda it uke pasar, dan setelah beliau ketemu ia hanya memperhatikannya dari jauh apa yang dilakukan penjual daging tersebut. Kemudian dia melihat setelah penjual daging itu menjual dagingnya , dia selalu membaca Al-Qur’an dan wali itupun terkejut pada penjual dagingnya. Kemudian dia memutuskan untuk menjumpai pemuda tersebut


 Wali:Assalamu’alaikum anak muda , saya ada beberapa pertanyaan untukmu

Penjual daging:Waalaikumsalam, ya boleh hapa dia pertanyaannya?


Wali:Adakah kamu mempunyai ahli keluarga yang meniggal dunia yang dikubur dikampung ini?

Penjual daging:Ya, ada ayah saya sendiri

Wali:Aku ada melihat roh ayahmu dalam mimpiku, beliau sedang beristirahat dan tenang disana , apa yang kamu lakukan untuk ayahmu wahai anak muda?


Penjual daging:Aku selalu membaca Al-Qur’an dan aku meminta pada Allah jika bacaanku itu terdapat pahalanya , aku hadiahkan pada Almarhum Ayahku.


Ikhtibar daripada kisah ini Kenapa roh ahli kubur sedang mengais-ngais rumput disitu?Karna mereka sedang mencari percikan-percikan doa yang didoakan oleh orang ramai dan lafadz” Ala kulli muslimin walmuslimat walmukminin walmukminat”. Dan mengapa roh orangtua itu istirahat dengan tenang, karena doa anaknya yang selalu dikhususkan untuknya Pesan yang bisa kita ambil dari kisah di atas.


Perbanyaklah berdoa untuk Orangtua dan saudara-saudara kita yang sudah tiada untuk kesenangan mereka disana(alam Barzakh), karena doa seorang anak akan terus sampai pada orangtuanya dan mereka sangat menunggu doa dari anak-anaknya , sebab doa anak pada orangtua tidak akan ada yang menghalanginya begitu juga dengan orangtua pada anaknya.[]


*Penulis :Ali Bangsawan Hsb 

(mahasiswa jurusan Ilmu Al Qur'an dan Tafsir UIN Suska Riau

Posting Komentar

2 Komentar